3 Jenis Obat yang Efek Sampingnya Buat Mata Perih Berair Saat Kena Cahaya Terang

Mata sangat sensitif terhadap cahaya terang disebut juga dengan fotofobia. Gangguan pada mata ini menyebabkan Anda sering berkedip dan mata berair karena perih dan terasa terbakar saat melihat cahaya terang. Selain disebabkan oleh gangguan mata atau berada di tempat yang gelap terlalu lama, kondisi ini dapat terjadi pada orang yang menggunakan obat-obatan tertentu secara rutin. Obat apa saja?

Obat-obatan yang membuat mata sensitif terhadap cahaya terang
Dilansir dari laman Eye Health Web, beberapa obat-obatan dapat menimbulkan efek samping yaitu menyebabkan mata sensitif terhadap cahaya, seperti:

  • Antibiotik tetracycline dan doxycycline
    Antibiotik tetracycline dan doxycycline sering digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Cara kerjanya adalah menghambat dan membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan. Sayangnya, dua antibiotik oral (obat minum) ini dapat menimbulkan efek samping yang bikin mata jadi sangat sensitif dengan cahaya.

Selain membuat mata jadi sensitif, efek samping lain yang mungkin Anda alami adalah mual, muntah, sariawan, sakit tenggorokan, diare, pusing, dan sakit kepala.

  • Furosemide
    Furosemide digunakan untuk mengurangi ekstra cairan di dalam tubuh yang disebabkan oleh gagal jantung, penyakit hati, dan penyakit ginjal.

Selain itu, furosemide juga digunakan untuk mengurangi gejala sesak napas, pembengkakan pada tubuh, dan mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini termasuk golongan diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil.

Penggunaan furosemide dapat menimbulkan efek samping, seperti mata sensitif terhadap cahaya terang, sakit kepala, pusing, dan penglihatan jadi kabur.

  • Quinine
    Quinine digunakan untuk menyembuhkan penyakit malaria akibat gigitan nyamuk. Parasit malaria yang terbawa nyamuk akan berpindah ke tubuh melalui gigitan dan hidup di sel darah merah. Nah, obat ini berfungsi sebagai pembasmi parasit yang hidup di sel darah merah.

Obat ini dapat menyebabkan efek samping pada fungsi mata. Bukan hanya jadi lebih sensitif, mata juga jadi kurang tajam ketika melihat warna dan tidak fokus. Selain itu, obat ini juga dapat menyebabkan mual, sakit kepala, kepala pusing, dan gangguan pendengaran.