Tips Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berobat ke Luar Negeri

Tips Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berobat ke Luar Negeri

Ada berbagai macam alasan banyak orang Indonesia menjatuhkan pilihannya untuk berobat ke luar negeri. Beberapa di antaranya karena kehadiran fasilitas dan kecanggihan teknologi yang dinilai lebih modern, kehadiran tenaga medis yang lebih berpengalaman, hingga pengalaman rekan atau kerabat yang menjadi sembuh total usai melakukan pengobatan di luar negeri.

Jika Anda salah satunya yang ingin melakukan pengobatan ke luar negeri, berikut beberapa tips penting yang perlu diketahui sebelum berobat ke luar negeri. Mulai dari menentukan destinasi negara dan rumah sakit tujuan hingga menentukan barang apa saja yang perlu dibawa. Berikut ulasannya berdasarkan keterangan pers yang diterima Sindonews.

  1. Mencari informasi yang akurat dan tepat
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi yang akurat dan tepat. Informasi tersebut meliputi negara mana yang dituju, memilih rumah sakit, untuk melakukan pengobatan, memilih dokter spesialis, dan mencari tahu jenis pengobatan yang dibutuhkan.
  2. Perbarui catatan kesehatan
    Saat memilih rumah sakit, Anda akan diminta untuk memberikan informasi rinci mengenai riwayat medis atau kondisi kesehatan. Nah, pastikan bahwa catatan medis yang dimiliki adalah yang terbaru, serta jangan lupa untuk membuat beberapa salinan yang bisa dibawa saat berobat ke luar negeri.
  3. Mengecek asuransi kesehatan
    Anda harus memastikan bahwa perusahaan asuransi atau agen asuransi yang dimiliki menanggung semua jenis pengeluaran berobat yang Anda lakukan di luar negeri. Hubungi perusahaan asuransi atau agen asuransi untuk mengetahui apakah asuransi kesehatan Anda mencakup perawatan medis internasional atau tidak.
  4. Tentukan waktu tinggal di negara tujuan
    Anda perlu mempertimbangkan jumlah waktu tinggal di rumah sakit serta waktu yang diperlukan untuk pulih dari operasi atau prosedur perawatan medis yang dilakukan. Waktu pemulihan sangat bervariasi, tergantung pada prosedur yang akan Anda jalani. Pastikan Anda merencanakan cukup waktu untuk istirahat setelah melakukan prosedur perawatan medis. Konsultasikan hal tersebut kepada dokter yang bersangkutan.
  5. Pikirkan tempat menginap
    Hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh calon pasien yang berobat ke luar negeri adalah tempat menginap. Jika selama berobat di luar negeri, Anda didampingi oleh anggota keluarga maka sudah seharusnya Anda mempersiapkan penginapan untuk mereka.

Beberapa pihak rumah sakit mungkin ada yang memberikan opsi tempat penginapan untuk pendamping pasien, tetapi bisa saja harga yang ditawarkan cukup mahal. Alternatif yang bisa dipersiapkan adalah mencari tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dari rumah sakit tujuan.

  1. Perkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan
    Penting untuk mengetahui perkiraan seluruh total biaya perawatan medis di awal sebelum pengobatan dimulai sehingga Anda bisa menyiapkan anggaran biayanya. Saat memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan, buatlah rencana lengkap yang meliputi biaya berobat yang akan dilakukan, termasuk biaya perjalanan (tiket penerbangan pulang-pergi), akomodasi selama di negara tujuan, dan transportasi selama tinggal di negara tujuan.
  2. Membawa serta anggota keluarga
    Perjalanan jarak jauh, apalagi ke luar negeri, bisa membuat Anda stres. Terlebih perjalanan yang akan dilakukan bisa saja menimbulkan kesulitan tersendiri. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengajak pasangan atau anggota keluarga untuk ikut menemani Anda selama berobat di luar negeri. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir ketika membutuhkan sesuatu dan merasa jauh lebih nyaman. Apalagi beberapa rumah sakit ada yang menawarkan fasilitas penginapan untuk anggota keluarga yang ikut menemani pasien.
  3. Berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman
    Setiap negara tentu memiliki ragam kuliner khasnya masing-masing. Saat berada di luar negeri, Anda mungkin penasaran ingin mencicipi ragam kuliner yang ada. Namun, Anda perlu menanyakannya terlebih dulu kepada dokter perihal makanan atau minuman yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi. Anda bisa meminta tolong anggota keluarga untuk mencari tahu kandungan serta kebersihan dari makanan atau minuman tersebut, lalu sesuaikan dengan kondisi tubuh. Terlebih jika Anda mengalami alergi terhadap suatu jenis makanan atau minuman tertentu.

Apabila Anda merasa ragu terhadap standar kebersihan dari makanan atau minuman yang dijajakan maka sebaiknya berhati-hatilah. Beberapa makanan bisa saja mengandung zat-zat yang tidak boleh untuk Anda konsumsi atau justru bisa memperparah kondisi penyakit Anda.

  1. Persiapkan barang-barang yang perlu dibawa
    Langkah terakhir adalah mengemas barang-barang yang perlu dibawa saat berobat ke luar negeri. Pastikan barang-barang penting ini masuk dalam tas tangan yang mudah dijangkau dan bukan di dalam koper Anda, yakni dokumen pribadi (kartu identitas, paspor, visa, kartu kredit, asuransi perjalanan, dan sejumlah uang yang dibutuhkan dalam mata uang Rupiah dan mata uang negara yang dituju), tiket dan nomor kontak darurat, catatan kesehatan, pakaian yang nyaman, obat-obatan penting, buku panduan berkeliling negara