Hermes Birkin Langka Laku Terjual Sampai Rp 3 Miliar di Pelelangan

hermes birkin

Hermes Brand asal Prancis yang mendunia ini sudah lebih dari 150 tahun eksis sebagai merek fashion yang mewah dan berharga di dunia. Menurut para konsumen setia Hermès, mereka mengaku bahwa memiliki produk dari Hermès merupakan salah satu kebanggaan tersendiri.

Apalagi, Hermès bukan hanya menjadi ikon fesyen yang populer di Eropa saja, namun sudah sejak lama menempati jajaran brand kelas internasional. Hal ini terbukti dari kemampuan Hermès menjadi brand yang kuat di tengah bermunculannya merek high fashion lain yang tak kalah populer seperti Louis Vuitton, Channel, Gucci, dan merek terkenal lainnya.

Sebuah tas Hermes Birkin laku terjual sampai 162.500 poundsterling atau Rp 3 miliar di pelelangan Christie, di London. Tas ini terjual dengan melebihi harga yang diprediksi sebelumnya, yaitu hanya Rp 1,6 miliar.

Tas Hermes yang laku terjual mahal ini adalah tas Himalaya Niloticus Crocodile Birkin 35 dari tahun 2015. Tas tampil dengan kulit buaya albino berwarna putih yang langka dan dihiasi hardware perak berhias berlian.

Para peserta lelang untuk tas ini datang dari 41 negara berbeda dari 6 benua. Mereka tidak hanya berebut tas Hermes tapi 243 barang mewah lain yang juga dilelang, termasuk tas Chanel yang dibuat mendiang Karl Lagerfeld.

Tas Hermes Birkin putih itu bukan satu-satunya barang dari Hermes yang terjual dengan harga melebihi ekspektasi. Ada pula tas Hermes dari tahun 2007 yang terjual sampai 118 ribu poundsterling atau Rp 2,1 miliar, harga prediksinya hanya 70 ribu poundsterling atau Rp 1,2 miliar.

Tas Hermes Birkin dinamai dari seorang aktris dan penyanyi legendaris Jane Birkin, yang duduk disamping chief executive Hermes, Jean-Louis Dumas di penerbangan dari Paris ke London tahun 1983. Sejak itu, desain tas ini menjadi populer dan buruan para kolektor. Termasuk adalah Victoria Beckham yang koleksi tas Birkinnya sampai 100 buah, atau setara dengan harga 1,5 juta poundsterling atau Rp 27 miliar.