Iqbaal Kesulitan Berbahasa Belanda saat Berperan di “Bumi Manusia”

Iqbaal Kesulitan Berbahasa Belanda

Iqbaal Kesulitan Berbahasa Belanda – Dalam mendalami karakter Minke di film ‘Bumi Manusia’, Iqbaal Ramadhan diharuskan dapat berdialog dengan bahasa Belanda. Berdialog menggunakan bahasa Belanda merupakan tantangan tersendiri bagi Iqbaal Ramadhan bahkan ia sempat mengalami kesulitan berbicara dengan bahasa Belanda.

Belum lama ini Datadiri.org berbincang dengan Iqbaal Ramadhan usai pemotretan Celeb of The Month di bilangan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Dengan gayanya yang santai dan ngocol, Iqbaal menceritakan pengalaman dirinya saat berbahasa Belanda.

“Susah lah aku kan orang Sunda,” bukanya tertawa.

Iqbaal Kesulitan Berbahasa Belanda dan Jawa

Tapi gue juga nggak bisa bahasa Sunda juga sih. Terus gue belajar bahasa Jawa kaya lebih ke pengucapannya yah, baru kaya 4 atau 5 workshop, kalau bahasa Belanda sendiri gue baru ketemu sekitar 3 kali, bahasa Belanda atau dutch itu susahnya mungkin mana yang harus di tekan dan mana yang harus yang nggak di tekan tapi untuk kaya ‘R’ segala macem-macem gue mudah-mudahan bisa ya lancar tapi kaya lebih ke penekanan mana yang harus di tekan dan nggak,” tambahnya seru.

Meskipun mendapatkan kesulitan dan ini merupakan pengalaman baru bagi mantan anggota CJR. Iqbaal justru menemukan kenikmatan tersendiri saat mendalami karakter Minke di film ‘Bumi Manusia’ yang saat ini tengah proses syuting dibawah arahan sutradara Hanung Bramantyo.

“Gila gue suka banget belajar bahasa kaya menurut gue belajar bahasa itu penting ya,” timpalnya.

“Itu kaya salah satu kekuatan gue kaya gue gampang banget untuk belajar bahasa dan itu adalah alasan kenapa gue dari dulu suka banget sama banget sama bahasa Inggris dan kaya bahasa Inggris itu selalu menjadi pelajaran kesukaan gue ya,” tambahnya lagi.

Sejak dulu Iqbaal Ramadhan memang menyukai pelajaran yang berkaitan dengan bahasa. Oleh sebab itu, Iqbaal yang saat ini tengah menjalani proses syuting film ‘Bumi Manusia’ merasa berdialog menggunakan bahasa yang bukan keseharian sangat menambah ilmu baginya.

Iqbaal Kesulitan Berbahasa Belanda

“Jadi memang apa ya ini buat gue kaya nambah ilmu yah, kaya gue ini hobi akting, dibayar terus gue juga dapet belajar tentang zamannya eyang Pram saat itu tentang ‘Bumi Manusia’ tentang zaman kolonialisme Belanda zaman itu di Indonesia, belajar bahasa Jawa, belajar geografisnya, sejarahnya belajar bahasa Belanda juga,” urainya.

“So banyak banget gue belajar dan ini buat gue yang dinamai selalu belajar makanya gue selalu menyebut diri gue itu musisi, aktor dan pelajar karena belajar itu bisa di mana pun dan kapan pun jadi gini aja belajar gue reading ya gue belajar kembali ke rumah ada sesuatu yang baru oh gini oh ternyata gitu jadi belajar itu bisa di mana aja dan kapan aja buat gue,” pungkasnya.