Beberapa Jenis Pisang Ambon Terbaik Dan Harus Di Coba !!!

Pisang merupakan buah yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah ini digemari disebabkan karena harganya yang terjangkau dan banyaknya kandungan gizi.

Buah pisang selain sebagai makanan yang disukai namun juga buah yang tergolong banyak ditanam di Indoneisa. Karena dalam membudidayakan pisang tidak sulit dan bisa dikatakan cukup mudah.

Hal yang membuat pisang banyak digemari adalah karena buah yang berwarna kuning ini dapat dikonsumsi oleh berbagai usia. Mulai dari balita sampai para orang tua.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut mejadikan buah ini sangat enak jika dijadikan makanan pencuci mulut.

Tahukah anda bahwa pisang sendiri memiliki banyak jenis-jenisnya? Menurut penelitian ada sebanyak 20 jenis pisang yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

3 diantaranya masih dalam satu spesies, tahukah kamu pisang apakah itu? Ya, dia adalah pisang ambon.

Pisang ambon terdiri dari 3 jenis yaitu pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning. Ketiga jenis pisang ini memiliki kesamaan dan juga perbedaan yang khas.

Pisang Ambon Lumut

Pisang ambon lumut secara fisik bentuknya lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm. Pada buah ini memiliki kulit yang tebal.

Pisang ambon lumut secara fisik bentuknya lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm. Pada buah ini memiliki kulit yang tebal.

Namun ada satu hal yang unik dari buah ini yaitu warnanya yang hijau meskipun sudah matang. Warna hijau pisang ini seperti tumbuhan lumut.

Namun apabila sudah sangat matang kulit pada buah ini akan berubah menjadi warna kekuningan dengan bercak coklat sekitar buah.

Keunggulan pisang ambon lumut adalah memiliki aroma yang harum dengan tanpa biji. Dan jika kamu konsumsi maka akan didapati daging buah yang berwarna putih dengan ukuran yang kecil.

Selain dari pada itu buah jenis ini memiliki rasa yang manis dan sangat cocok dijadikan makanan olahan untuk membuat kue atau sebagai hidangan pencuci mulut.

Pisang Ambon Putih

Pisang ambon putih jika di Thailand disebut dengan kluai hom dok maid namun beda halnya kalau di Malaysia, mereka menyebutnya pisang embun.

Hal yang berbeda dari pisang ini adalah warnanya yang kuning sedikit putih dengan tekstur buah yang lebih besar.

Pisang ambon putih pada umumnya diberikan pada anak bayi sebagai makanan di awal karena kandungan gizi yang dimilikinya sangat cocok sebagai nutrisi bagi anak bayi. Mengenai rasa, pisang ini berasa sedikit asam dengan aroma yang harum.

Pisang Ambon Kuning

Dari kedua jenis pisang ambon diatas, pisang ambon kuning merupakan pisang yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Pisang ini berbentuk sedikit melengkung keatas, dengan kulit yang terbilang tipis dan daging buah yang berwarna kiuning putih sedikit kemerahan apabila sudah matang.

Dalam satu tandan pisang ambon putih bisa menghasilkan sebanyak 129 buah. Dan ini terbilang cukup banyak dibandingkan dari kedua pisang ambon yang diatas.