Kerusuhan Penjara Tersadis Dalam Negara Indonesia

Kerusuhan Penjara Tersadis

Kerusuhan Penjara Tersadis – Kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) terus berulang dan seolah menjalar dari satu lapas ke lapas lainnya.

Kini kerusuhan di lapas kembali terjadi di Lapas Banceuy yang terletak di jalan Soekarno-Hatta Nomor 187 A, Bandung.

Sehari sebelumnya, peristiwa serupa terjadi di Bali. Suasana di Lapas Kelas II A, Kerobokan, Bali, memanas.

Kerusuhan di Lapas Banceuy dipicu oleh terbunuhnya seorang narapidana dengan cara gantung diri. Menurut laporan yang diterima Menkumham Yasonna Laoly, tahanan tersebut bunuh diri dan membuat anak buahnya marah.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan terjadinya keributan para tahanan dengan sipir.

Kementerian Hukum dan HAM sebagai pihak yang bertanggung jawab seolah tidak berdaya menangani masalah ini.

Masing-masing lapas pun seolah menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Kerusuhan Penjara Tersadis

Berikut Kerusuhan Penjara Tersadis ini kami rangkumkan sebagai peristiwa kerusuhan yang pernah terjadi di Lapas-lapas di Indonesia:

  • Rumah Tahanan Salemba, Jakarta

Perang antar geng pernah terjadi di Rutan Salemba pada 20 Juli 2001 lalu. Dalam insiden tersebut, dua napi luka karena ditusuk kelompok lain.

Hal sekecil apa pun bisa jadi mengerikan jika terjadi di dalam penjara. Adanya perbedaan jatah makan yang diberikan oleh pihak penjara akhirnya menyulut sebuah kerusuhan.

Kerusuhan ini akhirnya menjadi pertikaian antar blok. Orang dari Blok N dan K saling serang hingga membuat dua orang meninggal dunia.

Kerusuhan seperti ini kerap sekali terjadi di Rutan Salemba. Penusukan, pengeroyokan, dan lain sebagainya masih membayangi banyak tahanan.

Kasus penusukan terakhir terjadi pada tahun Februari 2016. Korban yang berasal dari blok G ini akhirnya meninggal dunia akibat luka parah dan banyaknya darah yang keluar.

  • Kerusuhan LP Pasir Putih Nusakambangan, Cilacap

Kerusuhan di Nusakambangan terakhir kali terjadi pada tahun 2008 silam.

Saat itu terpidana mati asal Nigeria membakar Lapas secara membabi buta. Selain itu mereka juga memengaruhi napi lain untuk ikut membantu.

Akhirnya ratusan polisi diturunkan untuk mengamankan penjara yang terletak di tengah lautan ini. Seperti yang diketahui tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Provokasi adalah hal paling mengerikan yang terjadi di dalam sebuah lapas.

Provokasi akan menjadi sebuah bencana hingga kerusuhan yang parah bisa terjadi, bahkan di LP dengan penjagaan paling ketat di Indonesia, Nusakambangan.

Di tempat ini napi kelas kakap dipenjara dalam satu tempat.

  • Kerusuhan LP Cipinang, Jakarta

Pada 31 Juli 2007 lalu perang antar geng pecah di LP Cipinang. Peristiwa keributan dipicu persaingan antara geng narapidana asal Jawa Timur dengan geng Ambon, Palembang, dan Batak. Pertikaian menyulut tawuran yang melibatkan ratusan narapidana.

Bentrok mengerikan ini melibatkan ratusan napi dari Blok C yang berasal dari kelompok Palembang dan Medan, dengan Blok F yang kebanyakan orang Jawa.

Saat itu kapasitas LP Cipinang juga sudah melampaui batas. Seharusnya penjara ini hanya digunakan untuk 1500 orang saja. Namun saat peristiwa tersebut ada 4000 napi di areal seluas 12 hektare itu.

  • Kerusuhan LP Kerobokan, Bali

Penjara Kerobokan sudah beberapa kali diguncang kerusuhan. Kerusuhan di Lapas Kerobokan pernah terjadi pada tahun 2012. Dalam catatan sejarah, peristiwa yang terjadi 22 Februari 2012 lalu dinyatakan sebagai amuk narapidana terbesar yang pernah terjadi di Pulau Bali.

Lapas dibakar dan diduduki narapidana selama delapan jam. Kerusuhan melibatkan unjuk kekuatan antara narapidana versus petugas lapas yang dibantu pihak kepolisian dan berakhir dengan diterjunkannya militer untuk mengendalikan situasi.

Kerusuhan awalnya mereda sejenak. Namun sehari kemudian terjadi pembakaran gedung LP hingga membuat polisi kesusahan. Saat kebakaran semakin meluas, 1.000 napi diisolasi dan tak bisa kabur. Jika mereka berniat kabur maka polisi menerapkan tembak ditempat apa pun alasannya.

Setelah kebakaran reda, beberapa napi akhirnya dipindahkan ke LP di Klungkung, Bali dan Jawa Timur.

  • Kerusuhan LP Tanjung Gusta, Medan

LP Tanjung Gusta yang terletak di Medan pernah mengalami dua kali kerusuhan yang cukup parah.

Kerusuhan pertama terjadi pada tahun 2003 silam. Saat itu ada beberapa napi yang berniat kabur, tindakan tersebut memicu pro dan kontra.

Akibat kerusuhan yang sangat parah ini 3 orang napi dilaporkan meninggal dunia.

Lalu pada tahun 2013, kerusuhan yang cukup parah terjadi lagi. Banyak napi yang kabur setelah berhasil membakar kantor LP.

Saat api berkobar, banyak napi akhirnya kabur dari penjara. Mereka melompat pagar dan menghindari kerumunan polisi yang sudah sangat panik ingin memadamkan api yang menyala dengan sangat besar.

  • Kerusuhan LP Labuhan Ruku, Sumatera Utara

Pada tahun 2013 Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, memanas. Para narapidana terlibat bentrok dengan sipir. Kerusuhan di LP Labuhan Rulu, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut), ditengarai masalah remisi.

Sebagian napi yang belum mendapatkan remisi saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, 17 Agustus kemarin, diduga menjadi dalang di balik Kerusuhan Penjara Tersadis.

Karena kerusuhan tersebut, kemudian terjadi pembakaran gedung utama Lapas Labuhan Ruku. Kebakaran tersebut menjadi kesempatan puluhan napi untuk kabur.