Panjat Pinang, Keriaan Legendaris 17 Agustus Di Indonesia

Panjat Pinang

Panjat Pinang – Inilah salah satu tradisi paling legendaris, setiap peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Lomba panjat pinang ini selalu menjadi bagian Hari Kemerdekaan Indonesia, digelar di berbagai penjuru Indonesia. Tidak hanya di pusat kota atau keramaian seperti Ancol, tetapi hingga di kampung-kampung untuk menyambut kemeriahan perayaan Kemerdekaan.

Lomba panjat pinang benar-benar memeriahkan suasana perayaan dan selalu menjadi keriaan yang paling dinanti di tiap 17 Agustus. Kemeriahan, kelucuan, kegigihan dan kekompakan diperlihatkan pada kegiatan tersebut. Bahkan setelah perjuangan memeras keringat dan tenaga tak membuahkan hadiah yang diincar pun, lomba memanjat pinang tetap memberi kegembiraan.

Lomba panjat pinang kini bukan sekadar pelengkap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Di beberapa lokasi, lomba panjat pinang bahkan menjadi ‘trademark’ daerah tersebut.

Panjat Pinang Kalimalang

Lomba memanjat pinang dan gebuk bantal di sepanjang sungai Kalimalang sudah ada sejak sekitar tahun 1990-an. Awalnya warga Cipinang Bali, Kalimalang, hanya menggelar tradisi lomba panjat pinang setiap tahun untuk meriahkan perayaan Hari Kemerdekaan. Kemudian dua tahun kemudian warga sekitar menambah hiburan berupa lomba gebuk bantal yang ternyata banyak menarik minat warga.

Tak hanya dari Kalimalang, tapi juga sekitarnya. Tradisi lomba panjat pinang pun berlanjut sampai saat ini dan menjadi identitas, trade mark bagi daerah Kalimalang. Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus tak lengkap tanpa lomba panjat pinang dan gebuk bantal di Kalimalang.

Lombanya sebenarnya sederhana, tapi sangat menarik dan penuh keriaan. Peserta adu gebuk bantal di titian bambu yang dipasang melintang di sungai, mengadu kelihaian dalam memukul lawan tanpa terjatuh dari bambu dan tercebur ke sungai. Ajang gebuk bantal dan panjat pinang memang menjadi daya tarik tersendiri setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, tak hanya di Kalimalang tapi juga berbagai daerah lain.

Panjat Pinang Kolosal Ancol

Lebih dari seratus pohon pinang dalam satu area, atau disebut dengan memanjat pinang kolosal digelar pengelola Taman Impian Jaya Ancol setiap tahunnya. Lomba ini pun jadi ikon Ancol tiap 17 Agustus dan sangat menyedot peserta dan penonton.

Untuk 17 Agustus tahun ini, Ancol menyiapkan 188 batang pohon pinang yang siap dipanjat dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Setiap batang pohon pinang tergantung beragam hadiah senilai Rp 1,5 juta.

Rencananya acara digelar pada 18 Agustus 2018 mulai pukul 14.00 di Pantai Karnaval. Semua pengunjung Ancol diperbolehkan mengikuti acara ini dengan syarat melampirkan KTP dan struk pembelian tiket masuk Ancol pada tanggal 18 Agustus. Nah, jangan sampai ketinggalan ya.

Pesta Bawah Air Seaworld Ancol

Keriaan Hari Kemerdekan Indonesia juga terasa hingga di bawah air. Seaworld Ancol menggelar sejumlah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di bawah air. Setiap perayaan 17 Agustus, Seaworld Ancol mengajak pengunjung menyaksikan perayaan pengibaran bendera Merah Putih di dalam air. Tahun ini pengibaran bendera di bawah air akan dilakukan oleh Marsha Aruan bersama sejumlah penyelam profesional. Hiburan lain yang disuguhkan bagi pengunjung adalah atraksi bersepeda BMX, sepak takraw, dan tinju di dalam air.