5 Penyebab Perut Buncit Pada Orang Badan Kurus

Penyebab Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit – Sebagian besar perut buncit, pasti selalu identik dengan kegemukan. Benarkah begitu? Padahal nggak semua orang berperut buncit memiliki tubuh yang tambun berisi. Dalam beberapa kasus, mereka yang bertubuh kurus pun ternyata memiliki perut dengan ukuran yang nggak sesuai dengan tubuhnya.

Lalu, apa kabar dengan mereka yang perutnya buncit padahal bertubuh kurus? Hal ini bukan nggak mungkin dan memang bisa terjadi pada orang yang berbadan kurus juga.

Berikut 5 Penyebab Perut Buncit Dengan Badan Kurus

  • Faktor usia sangat berpengaruh dalam kerja tubuh memproses lemak, pada cewek khususnya

Seperti yang dilansir dari doktersehat.com, usia memiliki pengaruh besar dalam sistem pencernaan terutama ketika memproses lemak.

  • Ketika segala daya upaya sudah dilakukan namun perut masih saja buncit, itu berarti ada peran genetika dalam tubuhmu

Gen yang merupakan faktor keturunan dari orang tua memang sulit dihilangkan. Mereka yang punya gen dari orang tua yang berperut buncit, kemungkinan akan memiliki perut buncit juga.

Jadi, jika kamu secara genetik memiliki bentuk tubuh bertipe apel, maka lemak akan lebih mudah menumpuk di bagian perut.

  • Jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh pun berpengaruh. Lemak visceral yang terdapat pada lemak jenuh lebih berpotensi bikin perut buncit

Lemak visceral adalah salah satu jenis lemak yang menumpuk dalam perut. Lemak inilah yang banyak berpengaruh dan dianggap lebih berbahaya karena berhubungan erat dengan berbagai risiko penyakit terkait metabolisme tubuh, seperti resistensi insulin, diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dan minuman ringan yang mengandung gula meningkatkan risiko inflamasi, sehhingga menyebabkan perut buncit

Seperti yang dilansir dari indiatimes.com, makanan olahan seperti keripik, pasta, roti, minuman bersoda, dan junk food meningkatkan risiko inflamasi di dalam tubuh. Lemak perut berhubungan dengan inflamasi, sehingga mengonsumsi jenis makanan tersebut meningkatkan risiko perut yang membuncit.

  • Pengaruh hormon insulin yang belebihan juga bisa jadi penyebab perut buncit

Menurut Dr. Natasha Turner, dokter naturopati, mengatakan bahwa hormon insulin berperan dalam mengatur kadar gula darah tubuh dan menyimpan lemak. Kelebihan hormon insulin menyebabkan perubahan hormonal dan metabolisme yang menyebabkan hilangnya massa otot. Perubahan ini yang membuat perut menjadi buncit.