Tempat Rekreasi Kota Bekasi Yang Wajib di Kunjungi

Tempat Rekreasi Kota Bekasi

Tempat Rekreasi Kota Bekasi – Bekasi menjadi salah satu kota tujuan wisatawan dari berbagai daerah, terutama warga Jakarta dan sekitarnya. Memang, tempat wisata di Bekasi belum sebanyak tempat wisata di Bandung. Namun Kota ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti kota-kota lainnya di Indonesia.

Kali ini kami akan mengajak anda berkeliling di kota bekasi. Namun, sebelum kita bahas tempat wisata di Bekasi yang menarik dikunjungi, ada baiknya juga kalau kita sedikit mengenal mengenai Kota yang satu ini.

Kota Bekasi terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Asal muasal nama Kota Bekasi adalah bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Kota Bekasi menjadi salah satu kota Megapolitan, bukan metropolitan lagi, yang tergabung dalam megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota besar ke empat di Indonesia.

Sangat tidak heran, kalau kita bisa menemukan dengan mudah pusat perbelanjaan, gedung-gedung bertingkat dan segala fasilitas kemajuan kota lainnya. Namun selain itu, Bekasi juga memiliki beberapa destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi, selain mall tentunya.

Nah, setidaknya ada Tempat Rekreasi Kota Bekasi paling terkenal dan wajib dikunjungi jika anda sedang atau akan liburan ke Bekasi. Oh ya, Bekasi juga terkenal sebagai kota para pahlawan, Kota Patriot dan Kota Pejuang. Anda sudah tidak sabar lagi? Berikut ini diantaranya:

Berikut Tempat Rekreasi Kota Bekasi

  • Objek Wisata Taman Buaya Indonesia Jaya di Bekasi

Taman buaya menjadi Tempat Rekreasi Kota Bekasi yang wajib dikunjungi. Disini anda bisa melihat buaya dengan berbagai ukuran, lokasinya ada di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam. Sebelum memasuki area taman buaya, Anda akan disambut oleh patung buaya besar yang terletak di halaman depan tempat penangkaran buaya ini.

Ada lebih dari 500 ekor buaya di penangkaran ini, tempat ini sendiri dibangun pada sekitar tahu 90an. Terdapat 5 buah kolam di dalamnya. Kolam renang buaya dibatasi pagar besi yang tinggny sekitar 1,5 meter untuk keselamatan pengunjung. Tidak hanya kolam buaya dewasa, di penangkaran ini juga terdapat ruang penetasan telur buaya dan kolam kecil untuk bayi buaya.

Kenapa playboy dibilang buaya darat ya? Mungkin karena buaya menyambar apa saja yang ada di dekat, coba anda lihat ketika mereka sedang diberi makan, semuanya berebutan, cengkraman yang paling kuat dan paling cepat akan mendapatkan makanan.

Ternyata, disini anda tidak hanya bisa melihat buaya saja, anda juga bisa melihat monyet, atau pertunjukan pertunjukan debus Banten di mana pemainnya melawan buaya dan ular buas di sini. Pertunjukan ini diadakan setiap hari Minggu dan hari libur lainnya dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 11:00 dan 14:00. Jika melewatkan pertunjukan debus, Anda masih bisa menikmati tempat wisata di Bekasi ini dengan memetik buah sawo sepuasnya langsung dari pohonnya di sini.

Seru juga ya. Selain itu, bagi anak-anak juga ada wahana permainan asyik, seperti jungkat-jungkit, ayunan sampai dengan papan seluncur. Selagi mengawasi anak-anak bermain, Anda bisa duduk santai di gazebo-gazebo yang telah disediakan.

Jika anda tertarik untuk liburan kesini, anda cukup membayar tiket Rp. 20.000 satu orang dewasa dan Rp. 10.000 satu orang anak.

  • Wahana Liburan Seru Waterboom Lippo Cikarang di Bekasi

Waterboom Lippo merupakan Tempat Rekreasi Kota Bekasi yang wajib anda kunjungi. Disini anda bisa menikmati berbagai wahana permainan yang memanjakan dan menghibur

Ada banyak wahana permainan disini, tempat ini juga didesain cukup unik, karena didesain mirip sekali dengan suasana Pulau Dewata tersebut. Di sini, Anda bisa melihat saung-saung yang dihiasi kain hitam-putih khas Bali, bunga kamboja di sekitar kolam dan patung-patung yang terbuat batu. Selain itu, Anda juga bisa mendengar alunan gending Bali selama berada di sini.

Tempat wisata ini menawarkan wahana permainan air yang lengkap mulai dari kolam dewasa sedalam 1,5 meter, kolam untuk anak-anak sampai dengan kolam arus. Kolam dewasa dilengkapi dengan jaring untuk bermain voli air dan papan seluncur air yang menantang adrenalin. Untuk kolam anak-anak, ada miniatur perahu dan papan seluncur mini yang tak kalah seru.

Haus dan lapar saat berenang tapi malas beranjak dari kolam? Tenang. Ada Juice Stasion di salah satu bagian kolam sehingga Anda bisa membeli jus sambil tetap berada di dalam air. Hmm, asyik ya! Selain Juice Station ini, masih ada banyak fasilitas lain seperti foodcourt, kolam terapi ikan dan spa. Ada juga paket outbound dan eco-friendly untuk rombongan.

Untuk dapat masuk dan menikmati fasilitasnya, anda harus membayar tiket 55.000 Rupiah untuk hari Senin – Jumat dan 85.000 Rupiah untuk hari Sabtu – Minggu dan hari libur nasional. Waterboom Lippo Cikarang buka mulai pukul 10:00 sampai 18:00 setiap harinya.

  • Tempat Wisata Sejarah Gedung Juang 45 di Bekasi

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, Bekasi juga terkenal sebagai kota pejuang. Ada monumen bersejarah yang dibuat sebagai tempat untuk mengingat perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah Belanda, namanya Gedung Juang 45. Gedung ini juga memiliki nama lain Gedung Tinggi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai wisata sejarah.

Gedung ini dibangun dalam dua tahap yaitu pada tahun 1906 dan 1925. Arsitektur khas Eropa terlihat di gedung ini sama seperti peninggalan Belanda lainnya, yang paling terlihat adalah banyaknya tiang penyangga berukuran besar dan bermotif bunga. Gedung Juang 45 sebenarnya merupakan salah satu dari lima unit bangunan di kompleks ini. Gedung utama ini terdiri dari dua lantai dengan empat kamar di lantai 1. Untuk menuju lantai 2, terdapat dua tangga.

Jika anda berlibur bersama keluarga, jangan lupa untuk mampir ke Tempat Rekreasi Kota Bekasi yang satu ini.

  • Objek Wisata Sejarah Saung Ranggon di Bekasi

Satu lagi objek wisata di Bekasi yang menarik untuk dikunjungi, Saung Ranggon. Saung Ranggon terletak di Desa Cikedokan, Cikarang Barat. Saung ini berukuran 7,6 x 7,2 meter dengan tinggi lantai 2,5 lantai dari atas tanah. Terdapat tujuh buah anak tangga untuk naik ke lantai utama. Bagian dalam saung merupakan ruangan luas tanpa sekat atau pun jendela.

Tempat wisata di Bekasi ini dibangun pada abad ke-16 oleh Pangeran Rangga yang merupakan anak dari Pangeran Jayakarta. Pangeran Rangga membangun saung ini sebagai tempat persembunyian saat lari dari kejaran Belanda. Saung Ranggon baru ditemukan pada tahun 1821 oleh Raden Abbas. Meskipun telah mengalami renovasi beberapa kali, namun bangunan dan ornamennya sebagian besar masih asli.

Jangan lewatkan tempat bersejarah yang satu ini jika anda berkunjung ke Bekasi.

  • Destinasi Wisata Gratis Danau Cibeureum di Bekasi

Anda mencari tempat wisata di Bekasi yang gratis? Disini tempatnya, ya Danau Cibeureum. Pada akhir pekan, kawasan Danau Cibeureum akan ramai didatangi oleh pesepeda dari segala penjuru Bekasi. Mereka biasa bergerombol di warung makan yang ada di sekitar danau.

Danau seluas 2 hektar ini memiliki sebuah pulau kecil di tengahnya yang ditumbuhi sebuah pohon besar. Pulau di tengah danau ini menjadi objek foto favorit para pengunjung. Selain hunting foto, Anda juga bisa memasang tenda atau menggelar tikar untuk piknik bersama keluarga. Fasilitas di danau sudah lumayan lengkap mulai dari toilet, warung makan, toko suvenir sampai bangku-bangku yang menghadap ke danau.

Secara administratif, danau ini berada di dua desa yaitu Desa Lambang Sari dan Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun, Bekasi.